Senin, 31 Januari 2011

7 Pertanyaan Tentang Pendidikan Jasmani di Sekolah.

Menurut data hasil penelitian tentang perkembangan pembangunan daerah yang ditinjau dari sisi Sport Development Indeks (SDI) pada tahun 2006  yang dikutip melalui satu dari indikator penelitian tersebut   yaitu aspek kebugaran (kesegaran jasmani) seluruh daerah di Indonesia TERNYATA bahwa tingkat kebugaran para pelajar masuk dalam kategori rendah. Sudah pasti ini menimbulkan banyak pertanyaan- pertanyaan kurang lebih kalau begitu?

1. Apakah Pendidikan Jasmani sekarang  yang dilakukan oleh seluruh guru penjas sudah  memberikan kontribusi bagi peserta didik yang ada di satuan pendidikan SD, SMP, SMA dan apalagi khusus di SMK?
2. Lalu bagaimana perlakuan para guru pendidikan jasmani kepada peserta didik pada saat berlangsungnya dalam pembelajaran?
3. Sudah adilkan perlakuan yang diberikan antara peserta didik yang memiliki kemampuan rendah dengan peserta didik yang memiliki kemampuan sedang atau tinggi?
4. Selama dalam poses pendidikan jasmani apakah sudah mencapai tujuan sebagai mana harapan serta kebutuhan dari masing-masing peserta didik?
5. Apakah Semua guru sudah tau, paham bahwa sebagai manusia dalam hal ini peserta didik pada dasarnya memiliki 8 kecerdasan sebagaimana yang dikatakan oleh Gardner?
6. Bagaimana realita perlakuan yang yang dilakukan oleh para guru penjas kepada peserta didik selama ini?
7. Apakah saya sebagai guru penjas juga berlaku demikian?
(lihat selengkapnya di SDI tahun 2006)

Tidak ada komentar: